KECEMASAN PADA NARAPIDANA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN NARKOTIKA KELAS II A WAYHUIBANDAR LAMPUNG

Frans Herianto Panjaitan, Al murhan Al murhan, Purwati Purwati

Abstract


Kecemasan adalah status perasaan tidak menyenangkan yang terdiri atas respon-respon psikologis terhadap antisipasi bahaya yang tidak rill atau yang terbayangkan. Dalam keadaan terpidana atau menjalani masa vonis narapidana mengalami kecemasan baik narapidana yang baru masuk dan narapidana yang menjelang bebas. Kecemasan jika dibiarkan dapat mengurangi bahkan dapat meniadakan potensi yang dimiliki narapidana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan tingkat kecemasan pada narapidana yang baru masuk dan narapidana yang menjelang bebas di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas II A Wayhui Bandar Lampung yang masing masing kelompok berjumlah 35 orang untuk narapidana yang baru mauk dan 27orang untuk narapidana yang menjelang bebas.Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif komparatif dengan  pendekatan kohort. Variabel indpendennya adalah narapidana yang baru masuk dan narapidana yang menjelang bebas, variabel dependennya adalah tingkat kecemasan. Data dikumpulkan dengan mengisi lembar kuesioner yang mengadopsi teori Hamilton Rating Scale For Anxiety (HRS-A). Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-tHasil penelitian membuktikan bahwa pada α 5% terlihat ada perbedaan yang signifikan pada kecemasan naraidana yang baru masuk dan narapidana yang menjelang bebas. Hasil uji statistik didapatkan nilai p=0,031, dimana tingkat kecemasan narapidana yang menjelang bebas lebih tinggi dibanding narapidana yang baru masuk.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa narapidana yang menjelang bebas Lembaga Pemasyarakatan memiliki tingkat kecemasan yang lebih tinggi di banding dengan narapidana yang baru masuk Lembaga Pemasyarakatan.

 


Keywords


Narapidana, Kecemasan

References


Adriawati, Siti,2012, Hubungan Konsep Diri dengan Kecemasan Narapidana Menghadapi Masa Depan di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Malang,Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahin, Malang.

Dalami, dkk, 2009, Asuhan Keperawatan Jiwa Dengan Masalah Psikososial, Jakarta:Trans Info Media.

Hidayat, Ahmad, 2012, Pengaruh Doa Dan Dzikir Terhadap Penurunan Kecemasan Pasien Pre Operasi Di Ruang Bedah Rsud Dr.H.Abdul Moeloek Provinsi Lampung, Karya Tulis Ilmiah Tidak Diterbitkan. Poltekkes Tanjungkarang. Bandar Lampung.

Riyadi dan Purwanto (2009). Asuhan perawatan jiwa. Jogjakarta: Graha ilmu

Videbeck, L (2008). Buku ajar keperawatan jiwa. Jakarta: EG

(2013.http://www.psychologymania.com/2012/10/pengertian-narapidana.html)

(2013http://smslap.ditjenpas.go.id/public/grl/current/monthly/kanwil//year/2013/month/3)




DOI: https://doi.org/10.26630/jkep.v10i1.328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Frans Herianto Panjaitan, Al murhan Al murhan, Purwati Purwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik  Politeknik Kesehatan Tanjung Karang:

Almat: Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Bandar Lampung Telepon 0721-703580, email: jurnalkeperawatan@poltekkes-tjk.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.