PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK UNTUK PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH

Firmansyah Firmansyah, Ratna Dewi Husein, Anita Puri

Abstract


Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus dengue dengan manifestasi klinis demam, nyeri otot dan atau nyeri sendi yang disertai leucopenia, ruam, limfadenopati, trombositopenia, dan diatesis hemoragik. Penyakit ini merupakan penyakit yang sangat serius  karena penyebarannya sangat cepat. Hal ini dikarenakan prilaku dan siklus hidup  vektor yang membawa virus dengue yaitu nyamuk Aedes aegypti  yangbersifat diurnal atau aktif pada pagi hari hingga sore hari. Penyebaran penyakit ini dapat dicegah apabila kita memutus mata rantai vektor pembawa virus dengue nyamuk Aedes aegypti itu sendiri dengan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) yang dikenal dengan 3M.Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan partisipasi masyarakat dalam pemberantasan sarang nyamuk dengan kejadian demam berdarah dengue di desa Sri Pndowo wilayah kerja Puskesmas Ketapang Kabupaten Lampung Selatan tahun 2013. Jenis penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah populasi 781, dan sampel 89 responden. Pengumpulan dengan kuisioner dari tanggal 9-11 Juli 2013 dengan uji statistik chi square. Hasil penelitian 89 responden didapatkan  partisipasi dalam PSN kategori tidak baik sebesar 50,6 %, sedangkan kejadian demam berdarah sebesar 25,8% dan uji statistik didapatkan hasil p-value sebesar 0,164 (p > α (0.05)) yang menunjukan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara partisipasi masyarakat dalam PSN dengan kejadian demam berdarah. Kesimpulan tidak hanya partisipasi masyarakat dalam pemberantasan sarang nyamuk khusunya dengan 3M plus yang berpengaruh terhadap kejadian demam berdarah tetapi juga berbagai faktor lainnya. tidak hanya partisipasi masyarakat dalam pemberantasan sarang nyamuk khusunya dengan 3M plus yang berpengaruh terhadap kejadian demam berdarah tetapi juga berbagai faktor lainnya.

  


Keywords


Pemberantasan Sarang Nyamuk, Demam Berdarah

References


Anggraeni, Siti, Stop! Demam Berdarah Dengue, Bogor; Bogor Publishing House, 2010.

Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, 2012, Profil Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2012, Lampung Selatan.

Dinas Provinsi Lampung Selatan, 2012, Profil Kesehatan Provinsi Lampung Tahun 2012, Lampung.

Indrawan, Mengenal dan Mencegah Demam Berdarah, Bandug; Pionir Jaya, 2007.

Surtiretna, Nina, Awas Demam Berdarah, Bandung ; Kiblat Buku Utama, 2009.

Sudoyo, Setiyohadi B, Alwi I, dkk. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Ed 4. Pusat Penerbitan Ilmu Penyakit Dalam FK UI. Jakarta; 2006.

Puskesmas Ketapang, 2012, Profil Puskesmas Ketapang Tahun 2012, Ketapang




DOI: https://doi.org/10.26630/jkep.v10i1.317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Firmansyah Firmansyah, Ratna Dewi Husein, Anita Puri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik  Politeknik Kesehatan Tanjung Karang:

Almat: Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Bandar Lampung Telepon 0721-703580, email: jurnalkeperawatan@poltekkes-tjk.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.