Pengaruh Pijat Oksitosin terhadap Produksi ASI pada Ibu Nifas

Yusari Asih

Abstract


ASI tidak keluar adalah kondisi tidak diproduksinya ASI atau sedikitnya produksi ASI.Hal ini disebabkan pengaruh hormon oksitosin yang kurang bekerja sebab kurangnya rangsangan isapan bayi yang mengaktifkan kerja hormon oksitosin.Pijat oksitosin merupakan salah satu solusi untuk mengatasi ketidaklancaran produksi ASI. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi perbedaan produksi ASI pada  ibu nifas yang diberi perlakuan pijat oksitosin dan tanpa perlakuan di BPM Lia Maria Kecamatan Sukarame Bandar Lampung tahun 2017. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental dengan desain rancangan posttest dengan kelompok kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah ibu nifas 3 jam postpartum di BPM Lia Maria berjumlah 80 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil melalui cara  purposive sampling. Sampel berjumlah 32 orang yang terdiri dari 16 orang sebagai responden yang di intervensi dan 16 orang sebagai variabel kontrol.Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi untuk mengamati produksi ASI pada hari ke 6 dan timbangan. Hasil Uji statistik menggunakan chi-square (x2) diperoleh p-value= 0,037 (p-value ≤0,05) yang berarti ada pengaruh signifikan antara pijat oksitosin terhadap produksi ASI pada ibu post partum di BPM Lia Maria Sukarame Bandar Lampung Tahun 2017.  Diharapkan hasil penelitian ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan bagi tenaga kesehatan terutama bidan sebagai pelaksana sehingga dapat meningkatkan pengetahuan ibu akan pijat oksitosin dan dapat memotivasi ibu dan keluarga untuk melakukan pijat oksitosin dan memberikan bimbingan serta penyuluhan kepada ibu nifas tentang manfaat pijat oksitosin.


Keywords


Pijat oksitosin;Produksi ASI

Full Text:

PDF

References


Endah, Siti Nur dan Imas Masdinarsah. 2011. Pengaruh Pijat Oksitosin terhadap Pengeluaran Kolostrum pada Ibu Post Partum di Ruang Kebidanan di Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung Tahun 2011. Stikes Jendral A. Yani Cimahi

F.B. Monika. 2014. Buku Pintar ASI dan Menyusui. Jakarta: Noura Books

Fikawati, Sandra; dkk.2015. Gizi Ibu dan Bayi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Hendrik, H. 2006. Problema Haid. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Kemenkes RI. 2014. Profil Kesehatan Indonesia 2014. BandarLampung: Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung

Khairani, Maria dkk. 2012. Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Involusi Uterus pada Ibu Post Partum Di Ruang Post Partum Kelas III RSHS Bandung. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Padjadjaran

Rahayu, Anik Puji. 2016. Panduan Praktikum Keperawatan Maternitas.Yogyakarta:DeepublishRamadhy,

Suryani, Emy & Kh Endah Widhi Astuti. 2013. Pengaruh Pijat Oksitosin Terhadap Produksi Asi IbuPostpartum Di BPM WilayahKabupaten Klaten. Jurusan Kebidanan Poltekkes Surakarta.

Walyani, Elisabeth Siwi dan EndangPurwoastuti.2015. Asuhan Kebidanan Masa Nifas dan Menyusui. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.




DOI: https://doi.org/10.26630/jkep.v13i2.931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Yusari Asih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik  Politeknik Kesehatan Tanjung Karang:

Almat: Jl. Soekarno-Hatta No. 1 Bandar Lampung Telepon 0721-703580, email: jurnalkeperawatan@poltekkes-tjk.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.